1 Tahun PSC 119 MANTAP

Genap 1 tahun usia Public Safety Center (PSC) II9 MANTAP (Muara Enim Cepat Tanggap) sejak dilaunching pertama kalinya pada tanggal 30 Januari 2019 bersamaan dengan launching Colorfull Muara Enim Festival 2019 di kawasan wisata Bedegung Kecamatan Panang Enim.

Ini merupakan perwujudan Program MERAKYAT Pemerintah Kabupaten Muara Enim, sebagai upaya respon cepat pelayanan dan penanggulangan kasus-kasus kegawatdaruratan yang disebabkan oleh bencana alam, kecelakaan lalu lintas, kebakaran dan lainnya yang berpotensi menimbulkan kerugian harta benda maupun jiwa yang dilaksanakan secara terintegrasi dan berbasis call center.

Tujuan Umum dari PSC II9 MANTAP adalah terwujudnya pelayanan penanganan gawat darurat yang cepat, cermat dan tepat untuk menyelamatkan jiwa dan mencegah kecacatan yang dilakukan sebelum dirujuk ke fasilitas kesehatan yang dituju.

Tujuan Khusus dari PSC 119 MANTAP antara lain :

  1. Meningkatkan akses dan mutu pelayanan kegawatdaruratan;
  2. Mempercepat waktu penanganan (respon time) korban/pasien gawat darurat dan menurunkan angka kematian serta kecacatan;
  3. Memberikan pertolongan pertama atas kasus kegawadaruratan yang terjadi di masyarakat;
  4. Memberikan bantuan rujukan ke fasilitas kesehatan atas kasus kegawatdaruratan medis yang terjasi di masyarakat;
  5. Memberikan pelayanan penanganan medis atau kegawatdaruratan medis yang terjadi di masyarakat sebelum mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit;
  6. Meningkatkan koordinasi pelayanan gawat darurat medis antar instansi yang terkait dalam penanganan kegawatdaruratan medis;
  7. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam penanganan gawat darurat medis;
  8. Mempercepat waktu penanganan (respone time) kasus kegawatdaruratan.

PSC 119 MANTAP dilakukan secara terintegrasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan, Puskesmas, Rumah Sakit, Kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan dan lintas sektor terkait.

Saat ini lokasi sekretariat PSC 119 MANTAP beralamat di Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim Jalan Dr. AK. Gani NO. 94 Kelurahan Tungkal Kecamatan Muara Enim. Untuk Tim Lapangan Dinas Kesehatan berjumlah 20 orang dengan kelengkapan sarana 2 mobil ambulans dan 1 ambulans motor.

Untuk Tim Lapangan Jaringan terdapat disetiap fasilitas kesehatan milik Pemerintah Kabupaten Muara Enim yaitu  Tim PSC RSUD Semende Darat Laut, Tim PSC RSUD Lubai Ulu, Tim PSC RSUD Gelumbang dan Tim PSC di 22 Puskesmas dalam Kab. Muara Enim.

Masyarakat yang mengetahui dan atau mengalami kegawatdaruratan dapat melaporkan dan atau meminta bantuan melalui Call Center 119 dan Nomor Lokal 0811-785-119. 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.