ERA INDUSTRI 4.0

KEPEMIMPINAN ERA INDUSTRI 4.0

Oleh :  DR. A. Nadjib

Memasuki revolusi industri 4.0 yaitu era yang ditandai dengan adanya konektivitas manusia, data, dan mesin dalam bentuk virtual atau dikenal dengan istilah cyberphysical. Perkembangan revolusi industri membawa perubahan peradaban yang sangat cepat dengan tujuan mulia menciptakan kualitas kehidupan yang lebih baik. 
 
Di era revolusi industri 4.0 memungkinkan otomatisasi di semua bidang untuk mencapai produktivitas yang efektif dan efisien. Penerapan sistem informasi sebagai rantai pasokan digital ke seluruh unit kerja akan meminimalkan peran manusia sebagai operator. Secara umum di era industri 4.0 ini peran tenaga manusia berubah dari peran operator menjadi seorang ahli dengan kompetensi yang tinggi.

Tidak berlebihan bila dikatakan bahwa dalam era industri 4.0 ini, yang berkuasa dan memimpin bangsa adalah anak-anak muda atau yang populer disebut kaum milenial. Umumnya mereka memiliki keahlian, keterampilan, dan talenta yangg kuat di bidang ini. Sudah saatnya para Senior (usia > 45 tahun) menyerahkan estafet kepemimpinan kepada para Yunior atau kaum milenial dewasa (usia < 45 tahun). 

Dalih pengalaman, kematangan, dan kesabaran yg dimiliki para Senior karena telah kenyang makan asam garam kehidupan tidak sepenuhnya menjadi syarat utama bagi kepemimpinan bangsa dan daerah.  Kenyataannya banyak hal-hal negatif justru terjadi pada usia Senior, baik sikap, ucapan, dan perbuatan yang bisa merugikan diri sendiri dan atau bangsa dan negara. 

Era industri 4.0 adalah moment yang tepat untuk memberikan peluang dan kesempatan yang sebesar-besarnya bagi anak-anak muda, kaum milenial (25 - 45 tahun) yang memiliki keahlian, keterampilan, dan talenta untuk memimpin dan mengelola bangsa besar ini. Apakah para Senior legowo ?. Sepenuhnya tergantung pada kesadaran masing-masing untuk memahami kapasitas diri di era revolusi industri yang disrupsinya sangat tinggi.- ans

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.