KOMITMEN UNTUK BERSAMA...

Setelah lama tertunda, akhirnya Selasa 26 Maret 2019 mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai, bertempat di ruang pertemuan lantai 2 kantor Dinas Kesehatan dilakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja tahun 2019 dalam lingkup organisasi Dinas Kesehatan Kab. Muara Enim.

Kegiatan ini sebagai wujud nyata komitmen dari setiap orang dalam organisasi untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi, dan kinerjanya. Perjanjian dilakukan meliputi semua pejabat eselon dan staf dengan atasan langsung masing-masing dengan disaksikan langsung oleh Ibu Kepala Dinas Kesehatan. 5 orang Pejabat eselon III, 22 orang Kepala UPTD Puskesmas, 3 orang Direktur RSUD Tipe D juga kepala UPTD Laboratorium Daerah dan Kepala UPTD Gudang Farmasi melakukan perjanjian langsung dengan Kepala Dinas Kesehatan, sedangkan pejabat eselon IV melakukan perjanjian dengan pejabat eselon III yang menjadi atasan langsungnya, begitu juga semua staf Dinas Kesehatan melakukan perjanjian dengan pejabat eselon IV yang menjadi atasan langsung masing-masing.

Dengan demikian, perjanjian kinerja yang ditandatangani ini adalah sebuah dokumen yang berisikan penugasan dari pimpinan unit instansi yang lebih tinggi kepada pimpinan unit instansi yang lebih rendah untuk melaksanakan program/kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja. Jadi setelah beberapa waktu yang lalu Ibu Kepala Dinas Kesehatan melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja di hadapan Bapak Bupati Muara Enim, maka untuk memastikan tercapainya kinerja yang terukur berdasarkan tugas, fungsi dan wewenang maka diperlukan juga penandatanganan perjanjian di dalam organisasi Dinas Kesehatan.

Selain dapat dijadikan tolok ukur kinerja, perjanjian ini bermanfaat juga bagi organisasi antara lain untuk : 1. Penilaian keberhasilan/kegagalan pencapaian tujuan dan sasaran; 2. Dasar pemberian penghargaan dan sanksi; 3. Sebagai dasar bagi atasan langsung untuk melakukan monitoring, evaluasi dan supervisi atas perkembangan/kemajuan kinerja bawahannya; 4. Sebagai dasar dalam penetapan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP).

Dokumen perjanjian kinerja yang dibuat, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari cascading Dinas Kesehatan yang telah dirumuskan bersama di internal Dinas Kesehatan Kab. Muara Enim pada akhir tahun 2018 lalu. Harapannya tentu dengan perjanjian kinerja terwujudlah komitmen penerima amanah dan kesepakatan antara penerima dan pemberi amanah. Kinerja yang disepakati tidak dibatasi pada kinerja yang dihasilkan atas kegiatan tahun bersangkutan, tetapi termasuk kinerja (outcome) yang seharusnya terwujud akibat kegiatan tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian target kinerja yang diperjanjikan juga mencakup outcome yang dihasilkan dari kegiatan tahun-tahun sebelumnya, sehingga terwujud kesinambungan kinerja setiap tahunnya.

Dalam arahannya, Ibu Kepala Dinas Kesehatan berharap bahwa apa yang sudah jadi kesepakatan masing-masing pada hari ini dapat dilakukan dengan penuh semangat, disiplin dan kreatifitas yang tinggi, membangun kerjasama tim serta memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang, sehingga apa yang sudah menjadi Program Prioritas Daerah bidang kesehatan 5 tahun kedepan yaitu memberikan akses semua penduduk Kabupaten Muara Enim untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas tanpa terkendala biaya dan jarak melalui Program Berobat Mudah dan Gratis dapat kita sukseskan bersama.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas kesehatan juga memaparkan materi seputar Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan, sebagai bahan pencerahan bagi semua orang untuk bekerja lebih efektif dan terukur, ungkap Ibu Kepala Dinas Kesehatan.

Materi SPM Selengkapnya KLIK DISINI!!

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.