Konseling Keluarga Berencana (KB) terhadap Pengetahuan tentang Metode Kontrasepsi pada WUS

Sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia dan kebutuhan akan kesehatan reproduksi untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak maka pemerintah mencanangkan program Keluarga Berencana (KB).
Program KB merupakan program kegiatan promotif dan preventif yang terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan. Pelayanan promotif dan preventif meliputi konseling dan penggunaan kontrasepsi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan non Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (non MKJP). MKJP merupakan metode kontrasepsi yang harus digalakkan karena efektifitasnya relatif lama antara tiga tahun sampai seusia hidup yang terdiri dari implan, Intra Uterine Device (IUD), Metode Operasi Wanita (MOW) dan Metode Operasi Pria (MOP)

Hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017, menunjukkan bahwa masyarakat masih banyak menggunakan alat kontrasepsi jangka pendek, padahal alat KB jangka pendek risiko kegagalannya cukup tinggi. SDKI tahun 2017 juga mencatat bahwa penggunaan MKJP pada wanita usia subur hanya 14% (SDKI, 2017).Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, proporsi penggunaan alat kontrasepsi setelah persalinan pada perempuan usia 10-54 tahun di Indonesia sebanyak 14,66% untuk MKJP dan 58,1% untuk non MKJP, sedangkan 27,1% tidak menggunakan alat kontrasepsi. Hal tersebut menandakan bahwa sebagian besar masyarakat masih lebih memilih menggunakan kontrasepsi non MKJP.

Kecamatan Muara Enim adalah ibu kota dari Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan dengan luas 203,80 km2 yang terdiri dari 6 kelurahan dan 10 desa dengan jumlah petugas kesehatan yang memadai dan disetiap kelurahan/desa memiliki posyandu.
Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Muara Enim tahun 2018, tercatat peserta KB aktif di Kecamatan Muara Enim sebanyak 1.317 dengan proporsi MKJP 40% dan non MKJP 60%. Dibuktikan dengan data tersebut, terjadi kesenjangan antara proporsi penggunaan MKJP dengan non MKJP di Kecamatan Muara Enim. Kenapa hal ini bisa terjadi, selengkapnya silahkan klik disini!!

 

 

 

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.