Berita / BACA

Pj Bupati Muara Enim Hadiri Apel Pergeseran Pasukan untuk Pengamanan TPS dalam Pemilu 2024

11 February 2024

Tim News Room Muara Enim Diskominfo 

Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim, H Ahmad Rizali, menghadiri apel pergeseran pasukan yang bertujuan untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka pemilu tahun 2024. Apel ini berlangsung di Halaman Kantor Bupati Enim Muara pada hari Minggu (11/02).

Kapolres Muara Enim, AKBP Jhoni Eka Putra, membacakan amanat Kapolda Sumsel, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo. Kapolda menyampaikan bahwa apel tersebut adalah bagian dari upaya pengamanan pemilu dengan memberikan dukungan tambahan personel kepada satuan kewilayahan dalam mengamankan pemungutan suara di TPS dan penghitungan suara.

Dukungan pengamanan dari Satgasda ini dilaksanakan mulai tanggal 11 hingga 17 Februari 2024 dengan mengirimkan total 2.163 personel. Personel tersebut terdiri dari BKO Polda Sumsel sebanyak 1.013 personel, BKO Brimob sebanyak 640 personel sesuai dengan Rayonisasi, dan pelibatan TNI sebanyak 510 personel yang akan disebar ke Polres/tabes Jajaran Polda Sumsel.

Selama masa kampanye yang berlangsung sejak tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, situasi kamtibmas berjalan aman, nyaman, dan kondusif. Keberhasilan ini dicapai berkat kerja keras dan kesungguhan seluruh personel Polda Sumsel didukung oleh seluruh komponen masyarakat Sumsel.

Irjen Pol A. Rachmad Wibowo menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel atas pelaksanaan tugas pengamanan pada tahap kampanye, serta berharap agar pengamanan pada tahap berikutnya dapat ditingkatkan. Tahapan Pemilu selanjutnya adalah tahap pemungutan suara dan penghitungan suara, yang sangat menentukan dan berpotensi terjadi gangguan kamtibmas.

Acara dilanjutkan dengan pemeriksaan ransel personel PAM TPS dan arahan dari masing-masing Padal, bertujuan untuk memastikan bahwa setiap personel telah membawa dan menyiapkan perlengkapan tugas dengan lengkap dan sesuai prosedur.

Dengan semangat kesungguhan dan kerja keras seluruh personel, diharapkan pelaksanaan pengamanan Pemilu Tahun 2024 di seluruh Indonesia dapat berjalan dengan aman, baik, dan lancar.

Apel dihadiri oleh Unsur Forkominda, Ketua DPRD Muara Enim, para Pejabat Pemkab Muara Enim, Ketua KPU Muara Enim, serta Tokoh Agama dan Masyarakat.

Baca Lainnya